Kamis, 10 Agustus 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                                   :  SD Negeri Pasar Senin 2
Kelas/Semester                        :  I/1(satu)
Tema                                       :  1. Diriku
Subtema                                  :  2. Tubuhku
Pembelajaran                           :  1
Alokasi Waktu                        :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.4.1        Menunjukkan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.4.2        Memilih kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.4.3        Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.


4.4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
4.4.1 Mengemukakan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata  bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
4.4.2 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.  Menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.2    Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.3   Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Menerangkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3  Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.1 Menyebutkan gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.2   Menjelaskan gerak anggota tubuh melalui tari.
3.3.3   Menunjukkan gerak anggota tubuh melalui tari.

4.3   Memeragakan gerak anggota tubuh.
4.3.1  Mendemontrasikan gerak anggota tubuh.
 4.3.2 Memeragakan gerak anggota tubuh.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.  Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2.  Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
3.  Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4.  Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makanmakanan yang sehat.
5.  Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosakata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6.  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di rumah.

D.   Materi Pembelajaran
o   Mengenal Anggota Tubuh
o   Bagian-bagian tubuh

E.   Metode Pembelajaran
      
        Eksplorasi, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya jawab.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran

        Pendahuluan (15 Menit)

1.      Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
2.      Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat).
3.      Guru meminta siswa berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
4.      Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan kabarnya, apakah sehat atau ada yang sakit. Semoga semua dalam keadaan sehat.
5.      Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat Buku Siswa halaman 38)
6.      Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagianbagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
7.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
     
      Kegiatan Inti (145 Menit)
1.      Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
2.      Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
3.      Guru bertanya kepada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya.
4.      Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.
5.      Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
6.      Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud.
7.      Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
8.      Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
9.      Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
10.  Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
11.  Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud
12.   Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana cara menjaga supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan)
13.  Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
14.  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
15.  Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
16.  Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan. Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: Apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh di mana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
17.  Kemudian, guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
18.  Setelah selesai, guru minta siswa mengamati Buku Siswa halaman 40.Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan,dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
19.   Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan sebagai berikut.
a. Mencuci tangan sebelum makan
b. Berdoa sebelum makan
c. Makan sambil duduk
20.  Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
21.  Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak   “Kepala Pundak Lutut Kaki”. (lihat di Buku Siswa pada halaman 41).
22.  Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti  gerak guru. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut sebagai berikut
a.  Sikap berdiri, pandangan ke depan
b.  Kedua tangan di pinggang
c.  Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
d.  Gerak kepala tengok kanan dan kiri
23.  Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
24.  Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa halaman 42 dan 43.





Penutup (15 menit)
Ø  Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh.
Ø  Guru melakukan refleksi sebelum menutup kegiatan dengan pertanyaanpertanyaan
berikut.
a. Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
b. Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
c. Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
Ø  Guru meminta murid menyanyi bersama lagu daerah “ Anak pipit
Ø  Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
Ø  Selesai berdo’a, siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua

G.           Penilaian
1.              Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






2.        Pengetahuan
-          Bentuk tes                   : tertulis
-          Instrument tes             : soal ( terlampir )
-          Kunci jawaban            : terlampir
-          Bobot penilaian           : tiap butir soal skornya 20    



3.    Keterampilan
Menggerakkan tubuh dalam sebuah ragam gerak yang diiringi lagu “Kepala,
Pundak, Lutut, Kaki”

H.      Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
·      Gambar tubuh dan nama-nama bagiannya
·      Buku siswa
Refleksi Guru
Amuntai,          Juli  2017

           Mengatahui,                                                    
       Kepala Sekolah SD Negeri Pasar Senin 2                             Guru Kelas I




                        BASUNI, S.Pd                                       LISA ANGGRIYANI,S.Pd.SD               NIP. 19650613 198804 1 003                                 NIP.19780919 200604 2 022

















Hidung





               


Telinga









Mata




                   


Tangan




                     




Kaki















dahi telinga
hidung
mulut  bahu
kaki kepala
mata    pipi
dagu    jari
tangan






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                                   :  SD Negeri Pasar Senin 2
Kelas/Semester                        :  I/1(satu)
Tema                                       :  1. Diriku
Subtema                                  :  2. Tubuhku
Pembelajaran                           :  2
Alokasi Waktu                        :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4   Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar,tulisan, slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.4.1  Memilih kosakata tentang anggota tubuh  dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar,tulisan,slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
3.4.2  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar,tulisan, slogan sederhana,dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4. 4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
4.4.1   Memberi  penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
4.4.2    Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.




C.  Tujuan Pembelajaran
·         Dengan bermain “Guru Berkata”, siswa dapat menunjukkan anggota tubuhnya.
·         Dengan berkumpul bersama teman, siswa dapat menceritakan guna bagian-bagain tubuh.
·         Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
·         Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menggunakan kosakata tentang pancaindra.
·         Dengan berlatih, siswa dapat menjodohkan gambar pancaindra dan bacaannya.

D.Materi Pembelajaran
·         Bercerita tentang anggota tubuh
·         Mengenal panca indera

E. Materi Pembelajaran
Eksplorasi,demontrasi,Tanya jawab dan penugasan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran

      Pendahuluan (15 Menit)

1.      Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
2.      Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat).
3.      Guru meminta siswa berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
4.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
5.      Guru meminta semua siswa untuk berdiri. Guru akan mengajak siswa bermain untuk melatih konsentrasi sekaligus mengecek pelajaran sebelumnya tentang bagian-bagain
tubuh. Nama permainannya adalah “Guru Berkata”. (lihat Buku Siswa halaman 44).
6.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

Kegiatan Inti (145 Menit)
1.      Guru lalu membagi siswa dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk berdiskusi dan bercerita tentang bagianbagian anggota tubuh beserta kegunaannya. (lihat Buku Siswa halaman45).
2.       Guru memberi waktu 15 menit kepada setiap kelompok. Setelah itu, guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk bercerita tentang hasil kerja kelompoknya, yaitu menceritakan tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya.
3.       Guru mengamati kegiatan tersebut untuk mencari tahu seberapa banyak yang bisa diketahui siswa tentang bagian-bagian tubuh serta kegunaannya.
4.      Setelah semua perwakilan kelompok selesai bercerita, guru melengkapi informasi tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya. Sebagai penguatan, siswa diminta mengerjakan latihan di Buku Siswa halaman 46.
5.      Siswa diminta kembali ke bangku masing-masing.
6.      Guru menyampaikan informasi bahwa bagian-bagian tubuh tertentu ada yang memiliki kegunaan khusus. Bagian-bagian tubuh tersebut dinamakan pancaindra.
7.      Guru meminta siswa mengamati Buku Siswa halaman 47. Guru bertanya pada siswa,kegiatan apa saja yang kira-kira dilakukan oleh anak-anak pada gambar di Buku Siswa halaman 47? Anggota tubuh apa yang digunakan pada kegiatan pada gambar tersebut?
8.      Guru mengapresiasi jawaban-jawaban siswa yang beragam.
9.      Guru lalu menjelaskan tentang pancaindra.
10.  Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian pancaindra dan menempelnya di papan tulis lengkap dengan nama dan kegunaannya (lihat Buku Siswa halaman 48).
11.  Guru meminta siswa melihat Buku Siswa halaman 48. Guru meminta siswa menirukan ucapan guru saat membacakan kalimat di halaman tersebut tentang pancaindra dan kegunaannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
12.  Guru menguji konsentrasi siswa saat menirukan ucapan guru dengan bertanya pada beberapa siswa secara acak tentang kalimat yang baru saja dibacakan. Misal, mata untuk…, kulit untuk…, dan seterusnya.
13.  Sebagai penutup, siswa berlatih mengerjakan soal di Buku Siswa halaman49-50 untuk menguatkan pemahaman siswa tentang pancaindra.

Penutup (15 menit)
1.      Guru me-review semua kegiatan yang sudah dilakukan selama satu hari dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
2.      Siswa bersama guru merayakan keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yel penyemangat.
3.      Guru meminta murid menyanyi bersama lagu wajibHalo-Halo Bandung
4.      Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
5.      Selesai berdo’a, siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua

H.           Penilaian
1.        Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






4.         Pengetahuan

Tes tertulis tentang bagian-bagian pancaindra.
-          Skor penilaian : 0-100
Penilaian : Skor yang diperoleh   x  100
                     Skor maksimal

5.         Keterampilan

Penilaian: Unjuk kerja: mengikuti permainan “Guru Berkata”


H.Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
·         Gambar panca indera dan namanya
·         Buku siswa

Refleksi Guru








Amuntai,          Juli  2017
           Mengatahui,                                                    
       Kepala Sekolah SD Negeri Pasar Senin 2                                      Guru Kelas I




                    BASUNI, S.Pd                                                       LISAANGGRIYANI,S.Pd.SD    NIP. 19650613 198804 1 003                                            NIP.19780919 200604 2 022
















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                                   :  SD Negeri Pasar Senin 2
Kelas/Semester                        :  I/1(satu)
Tema                                       :  1. Diriku
Subtema                                  :  2. Tubuhku
Pembelajaran                           :  3
Alokasi Waktu                        :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
  1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
3.1.1 Menyebutkan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
3.1.2  Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1    Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar
4.1.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar
4.1.2  Mencontohkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
 3.1  Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
3.1.1 Menyebutkan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
3.1.2   Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.2
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
4.1.1 Mencontohkan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
4.1.2 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1 Menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.2 Menjelaskan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.3 Mengidentifikas aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.i

4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Mengemukakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah..


B.     Tujuan Pembelajaran
1.  Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
2.  Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca.
3.  Dengan menyanyi, siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
4.  Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
5.  Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur pada malam hari dan bangun pada pagi hari.

D.   Materi Pembelajaran
-  Cara membaca yang tepat
-  Menyanyi sambil mengenal bilangan


E. Metode Pembelajaran
     Demontrasi,eksplorasi,Tanya jawab dan penugasan

F. Langkah – langkah Pembelajaran

         Pendahuluan (15 Menit)
ü  Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
ü  Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat).
ü  Guru meminta siswa berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
ü  Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
ü  Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar

Kegiatan Inti (145 Menit)
ü  Setelah itu, guru memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tubuh yang tepat saat duduk. Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tubuh dan jarak mata dengan objek saat membaca.
ü  Guru bertanya kepada siswa apa pendapat mereka tentang gambargambar tersebut. Minta siswa membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca yang mereka demonstrasikan.
ü  Guru mendemonstrasikan posisi tubuh sesuai dengan gambar yang diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah.
ü  Minta siswa mengamati. Minta mereka menunjukkan mana posisi tubuh guruyang benar dan mana posisi yang salah.
ü  Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk berdasarkan informasi dan demonstrasi yang sudah dilihat para siswa
ü  Guru mengamati, mengevaluasi, dan membetulkan posisi tubuh para siswa saat duduk. Guru meminta siswa berdiri, lalu duduk kembali dengan posisi tubuh yang tepat. Kegiatan ini diulang beberapa kali sampai para siswa memahami posisi tubuh yang tepat saat duduk.
ü  Para siswa juga harus mengatur jarak mata dengan objek saat membaca.Guru meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk sekaligus mengatur jarak antara mata dan objek saat membaca. Bila posisi tubuh saat duduk tepat, akan memudahkan siswa untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca.
ü  Setelah itu, guru meminta siswa untuk berdiri. Sambil menyanyi, siswa diajak untuk mengenal nama-nama jari sambil menunjukkan jari yang dimaksud. (lihat Buku Siswa di halaman 53).
ü  Guru mengajak siswa untuk membilang 1 sampai dengan 10 dengan menggunakan jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
ü  Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak. Guru menyebutkan bilangannya, siswa menunjukkan dengan jari sesuai dengan bilangan yang dimaksud. Sebaliknya, guru menunjukkan jari, siswa menyebut bilangan yang sesuai dengan jari tersebut.
ü  Guru meminta siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 54. Siswa mengerjakan sambil duduk dengan posisi tubuh yang tepat serta mengatur jarak antara mata dengan buku siswa.
ü   Setelah selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan siswa. Guru menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur padamalam hari dan bangun pada pagi hari. Rutinitas pada malam hari termasuk, waktu saat tidur malam, kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di pagi hari, dan kegiatan yang dilakukan setelah bangun pada pagi hari.
ü  Guru mengapresiasi jawaban siswa. Guru lalu dengan meminta siswa mengamati gambar di Buku Siswa pada halaman 56.
ü  Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk minta siswa untuk menceritakan apa yang dilakukan oleh Siti di gambar tersebut dan membandingkannya dengan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun pagi.
ü  Guru lalu melengkapi informasi tentang rutinitas saat hendak tidur pada malam hari dan bangun pada pagi hari bahwa tidur pada malam hari yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penutup (15 menit)
ü  Guru menutup kegiatan dengan mengulangi secara singkat penjelasan tentang posisi tubuh saat duduk dan membaca, membilang dengan jari, dan rutinitas pada malam hari saat hendak tidur serta bangun pada pagi hari.
ü  Guru meminta murid menyanyi bersama lagu daerah “Padamu Negeri
ü  Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
ü  Selesai berdo’a, siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua

G.    Penilaian

1.                     Sikap

Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






2.       Pengetahuan
Tes tertulis tentang konsep bilangan
 Skor penilaian : 0-100
Penilaian : Skor yang diperoleh   x  100
                     Skor maksimal
3.      Keterampilan
H.  Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
·         Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
·         Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
·         Ilustrasi tentang kegiatan sebelum tidur pada malam hari dan saat bangun pada pagi hari.
·         Buku Siswa


Refleksi Guru







Amuntai,          Juli  2017
           Mengatahui,                                                    
       Kepala Sekolah SD Negeri Pasar Senin 2                                      Guru Kelas I




                    BASUNI, S.Pd                                                       LISAANGGRIYANI,S.Pd.SD    NIP. 19650613 198804 1 003                                            NIP.19780919 200604 2 022












































































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                                   :  SD Negeri Pasar Senin 2
Kelas/Semester                        :  I/1(satu)
Tema                                       :  1. Diriku
Subtema                                  :  2. Tubuhku
Pembelajaran                           :  4
Alokasi Waktu                        :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku,cara memegang buku, cara membalik halaman buku,gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar
3.1.1    Menyebutkankegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku,cara memegang buku, cara membalik halaman buku,gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
3.1.2   Menjelaskankegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku,cara memegang buku, cara membalik halaman buku,gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan,
memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
4.1.1        Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
4.1.2    Mencontohkan Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3  Mengenal gerak anggota tubuh melalui   tari.
3.3.1   Menyebutkan gerak anggota tubuh melalui   tari.
3.3.2   Menjelaskn gerak anggota tubuh melalui   tari.
3.3.3  Menunjukkan gerak anggota tubuh melalui   tari.
4.3   Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari
4.3.1  Menjelaskan gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3.2   Menunjukkan gerak anggota tubuh melalui tari.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan berdiskusi bersama teman, siswa dapat bertukar informasi tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
3. Dengan bercerita, siswa dapat berbagi pengalamannya serta menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain.
4. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi dan mendemonstrasikan cara memegang dan membalik buku serta membaca dengan pencahayaan yang benar.
5. Dengan tarian, siswa dapat menggerakkan anggota tubuh sesuai irama lagu dengan hitungan.

D.  Materi Pembelajaran
·         Menjaga bagian-bagian tubuh
·         Cara membaca yang tepat
·         Menari

E. Metode Pembelajaran
Eksplorasi, Demonstrasi, Diskusi, dan Tanya jawab.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran

      Pendahuluan (15 Menit)
Ø  Guru memberi salam, menyapa siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
Ø  Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat).
Ø  Guru meminta siswa berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Ø  Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
Ø  Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar




Kegiatan Inti (145 Menit)
Ø  Minta siswa untuk mengamati anggota badannya yang tampak dari luar.(Anggota tubuh yang tidak tertutup baju, misal kepala dan betis kaki)
Ø  Minta siswa untuk menyebutkan bagian-bagian tubuh yang tidak tertutup. Tanyakan kepada siswa mengapa ada bagian tubuh yang tertutup pakaian dan yang bagian tubuh tidak terutup pakaian. (lihat Buku Siswa halaman 57)
Ø  Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan jawabannya. Siswa yang lain mendengarkan jawaban teman lainnya.Guru mengapresiasi semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tambahan bahwa tertutup dan tidak tertutup oleh baju ada hubungannya dengan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak bolehdisentuh orang lain.
Ø  Guru lalu memperlihatkan ilustrasi gambar tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain serta apa alasannya. (lihat Buku Siswa halaman 58)
Ø  Guru menjelaskan tentang ilustrasi gambar tersebut dan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan orang lain melalui gambar berikut.


Ø  Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa.Minta setiap siswa di setiap kelompok untuk saling berbagi informasi atau cerita tentang pengalaman masing-masing berkaitan dengan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh.
Ø  Minta perwakilan dari setiap kelompok untuk ke depan kelas dan menceritakan hasil berbagi cerita dengan kelompok masing-masing.
Ø  Setelah selesai, guru meminta siswa untuk menjaga tubuh mereka. Tubuh adalah karunia Tuhan yang harus kita syukuri.
Ø  Siswa kembali ke tempat duduk masing-masing.
Ø  Minta siswa untuk menutup buku siswa dan membuka halaman demi halaman Buku Siswa yang dipegang oleh siswa dari halaman depan. Guru mengamati cara mereka memegang dan membuka halaman buku.
Ø  Minta siswa berhenti di halaman 60 dan amati gambar di halaman tersebut. Tunjuk beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan tentang gambar itu.
Ø  Guru lalu memberikan informasi yang lebih lengkap bahwa gambar tersebut menunjukkan cara memegang dan membalik halaman buku yang tepat. Termasuk penyebab mengapa perlu untuk memegang dan membalik halaman buku dengan tepat.
Ø  Guru juga menjelaskan bahwa saat membaca, posisi cahaya dan banyaknya cahaya juga penting agar kesehatan mata tetap terjaga.
Ø  Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya. Siswa diminta untuk menerapkan posisi tubuh saat duduk yang tepat serta mengatur posisi antara mata dan buku dengan benar.
Ø  Guru mengamati siswa yang sedang melakukan demonstrasi, mengevaluasinya, dan membetulkan cara dan posisi tubuh yang salah.
Ø  Guru menutup kegiatan pada hari ini dengan menari.
Ø  Minta siswa untuk berdiri. Guru memutar musik/memainkan alat musik,lalu minta siswa untuk mendengarkan musik tersebut.
Ø   Guru mengajak siswa untuk menggerakkan anggota tubuh, yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki sesuai dengan irama lagu yang sedang didengarkan.
Ø  Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa berkreasi membuat gerakan sendiri. Instruksi gerak dasar sebagai berikut.
»» Sikap berdiri, pandangan ke depan
»» Kedua tangan di pinggang
»» Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
»» Gerak kepala tengok kanan dan kiri
Ø  Siswa bebas menciptakan/mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama lagu/hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan.

Penutup (15 menit)
Ø  Guru me-review semua kegiatan yang sudah dilakukan selama satu hari dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Ø  Siswa bersama guru merayakan keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yel penyemangat.
Ø  Guru meminta murid menyanyi bersama lagu daerah “ Ampar Ampar Pisang”
Ø  Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap berdoa yang baik.
Ø  Selesai berdo’a, siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi salam pada orang tua

G.    Penilaian

1.                  Sikap

Format Penilaian Sikap (Jurnal)

No.
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1.





2.





3.





4.





5.






2.                  Pengetahuan
Tes tertulis tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan disentuh orang lain.
Skor penilaian : 0-100
Penilaian : Skor yang diperoleh   x  100
                     Skor maksimal








3.                    Keterampilan
a.      Penilaian Unjuk kerja: mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya

b.      Penilaian Unjuk kerja: Menari dengan hitungan atau sesuai dengan irama
lagu.

H.Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Gambar tentang bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain.
2.   Gambar tentang ilustrasi seorang siswa yang sedang membuka dan memegang buku serta pencahayaan yang tepat saat membaca buku..
3.    Buku Siswa


Refleksi Guru












Amuntai,          Juli  2017
           Mengatahui,                                                    
       Kepala Sekolah SD Negeri Pasar Senin 2                                      Guru Kelas I




                    BASUNI, S.Pd                                                       LISAANGGRIYANI,S.Pd.SD    NIP. 19650613 198804 1 003                                            NIP.19780919 200604 2 022



























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                                   :  SD Negeri Pasar Senin 2
Kelas/Semester                        :  I/1(satu)
Tema                                       :  1. Diriku
Subtema                                  :  2. Tubuhku
Pembelajaran                           :  5
Alokasi Waktu                        :  5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah.
3.3.1   Menjelaskan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
3.3.2    Membedakan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
3.3.3    Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
4.3 Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah

4.3.1   Menyebutkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
 4.3.2  Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang
bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
3.2.1   Menyebutkan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
3.2.2   Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.1   Menyebutkan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf nama anggota tubuh.
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat membaca nama bilangan dari lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
3. Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat membaca lambang bilangan 1 sampai dengan 10.

D.  Materi Pembelajaran
§   Bermain sambil mengenal huruf
§   Membaca lambang bilangan
§   Bermain sambil membaca bilangan

E. Metode Pembelajaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar