|
|
No.
|
Nama
Bangun
|
|
Nama sumbu simetri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Persegipanjang
|
a dan c
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
|
Persegi
|
a, b, c , dan d
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
|
Jajargenjang
|
Tidak mempunyai sumbu
simetri
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
|
Layang-layang
|
B
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
|
Ellips
|
a dan c
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Bangun
|
|
Tingkat Simetri Putar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Segitiga samasisi.
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
|
Segitiga samakaki
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
|
Segitiga siku-siku
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
|
Persegipanjang
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
|
Jajargenjang
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f.
|
Ellips
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g.
|
Trapesium sebarang
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
h.
|
Trapesium siku-siku
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
i.
|
Trapesium samakaki
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
j.
|
Belahketupat
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
k.
|
Layang-layang
|
|
Tidak ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
l.
|
Lingkaran
|
|
Tak terhingga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Banyaknya sisi bangun datar
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
...
|
N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Banyaknya sumbu simetri
|
...
|
4
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Banyaknya simetri putar
|
...
|
4
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kunci
Latihan 2
1.
40 cm
2.
Luas layar tetap sama sebab dua segitiga akan memiliki luas yang sama
jika alas dan tingginya berukuran sama. (Lihat pada paparan awal).
3.
25cm2.
4.
110
5.
t = 4
6.
1 : 4
7. L = 12 snt
|
20.000
=
|
1
|
s × 20 × 80
às =
|
20.000
|
= 25
|
|
|
2
|
10 ´80
|
Jadi panjang
tiap sisi segi-20 beraturan adalah 25cm. 8. L
= 12
Kt à 259.2 = 12 K × 9
|
K =
|
259.2 ´ 2
|
= 57,6
|
|
|
9
|
|||
|
|
|
Jadi keliling segi banyak tersebut adalah
57,6m
9.
1.576
10. 34m2
Kunci Jawaban Latihan 3
1.
Volume
kubus = (6 × 6 × 6) cm3 = 216 cm3
2.
Alternatif cara penyelesaian:
Volume kardus = (48 × 30 × 18) cm3 = 25.920 cm3
Volume kotak jus = (6 × 10 × 18) cm3 = 1.080 cm3
Banyaknya kotak jus yang dapat masuk kardus = 25.9201.080 = 24
3.
a. Volume
kolam renang = (6 × 3 × 2) m3 = 36 m3 = 36.000 dm3
b. Banyak air yang diisikan ke dalam kolam =
36.000 dm3 = 36.000 liter
4.
a. Volume
aquarium = (100 × 40 × 35) cm3 = 140.000 cm3 = 140 liter.
Banyaknya air
yang dapat diisikan ke dalam aquarium = 140 liter b. Tono akan mengisikan air ke
dalam aquarium sebanyak 14 kali.
5. Volume prisma segitiga = luas alas × tinggi
= ( 12´ 8 ×28)cm3 = 1.344cm3 2
6.
Volume rumah = volume balok + volume prisma
= (6 × 4 × 10) m3 + ( 4´26 × 10) m3 = 360 m3
7.
Volume jus = (3 ´ 120) ml =
360 ml = 0,36 liter = 0,36 dm3 =
360 cm3 Volume tabung = pr2t
360 = 3,14 r2t
r2t = 114,65
Ukuran tabung harus memenuhi
persamaan r2t
= 114,65. Beberapa desain
tabung yang bisa dibuat adalah sebagai berikut.
|
No.
|
r
|
t
|
|
|
|
|
|
1.
|
5
|
4,59
|
|
|
|
|
|
2.
|
7
|
2,34
|
|
|
|
|
|
3.
|
9
|
1,41
|
|
|
|
|
|
4.
|
11
|
0,95
|
|
|
|
|
Masih banyak lagi kemungkinan ukuran tabung
yang bisa dibuat.
|
8.
|
Volume tabung
|
= pr2t = ( 227 × 7 × 7 × 14) cm3 = 2.156 cm3
|
||
|
9.
|
Volume tangki
|
= 1.570 liter = 1.570 dm3 = 1.570.000 cm3.
|
||
|
|
Volume tangki = luas alas
× tinggi tangki
|
|
||
|
|
1.570.000
|
= luas alas × 200
|
|
|
|
|
Luas alas
|
= ( 1570000200 ) cm2 = 7.850 cm2
|
|
|
|
|
Luas alas
|
= pr2
|
|
|
|
|
7.850
|
= 3,14r2
|
|
|
|
|
r2
|
= 2.500 Þ r = 50
|
|
|
|
|
Jadi, panjang jari-jari
alas tangki adalah 50 cm.
|
|
||
|
10. Volume tabung
|
= pr2t
|
|
||
|
|
r2
|
= 300 = 9,554 Ã r =
|
|
= 3,1
|
|
|
9,554
|
|||
|
|
|
31,4
|
|
|
Kunci
Jawaban Latihan 4
1.
7,8
m/detik (dibulatkan 1 angka dibelakang koma)
Kecepatan kendaraan dari
kota A ke B = 40 km/jam Kecepatan kendaraan dari kota B ke C = 60 km/jam
3.
a. 48
kata per menit
b. 2880 kata per jam
4.
a. 54
km/jam
b. 6,5 jam
5.
11,1
m/detik (dibulatkan 1 angka dibelakang koma)
6.
Misalkan: kB = kecepatan rata-rata
pesawat B dalam km/jam kA + 50 = kecepatan rata-rata
pesawat A dalam km/jam.
Untuk memudahkan dalam
penyelesaian masalah tersebut, dapat dimasukkan dalam tabel.
Kecepatan rata-rata pesawat
B = 200 km/jam dan kecepatan rata-rata pesawat A = 250 km/jam.
7.
|
A
|
190 km
|
B
|
|
kA = 40 km/jam
|
|
kB = 45 km/jam
|
|
16.30
|
|
17.00
|
A dan B akan bertemu pukul 7 malam atau pukul
19.00.
8.
Selisih
jarak 10 km harus ditempuh Berto dalam waktu = 15 menit
9.
Pak Dalono dan Pak Marto akan berpapasan 2 jam lagi atau pada pukul
09.30.
10.
Pukul
03.30 hari berikutnya
11.
Kunci Evaluasi
PEDAGOGIK
KUNCI
JAWABAN LATIHAN/TUGAS
Latihan/ Kasus/ Tugas
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan jelas :
1.
Jelaskan
latar belakang diperlukannya pengembangan kurikulum saat ini!
2.
Obyek apa
saja yang berperan dalam prinsip pengembangan kurikulum ?
Kunci
Jawaban Pembelajaran 1
1. Latar belakang diperlukannya pengembangan
kurikulum saat ini :
o Kurikulum berkontribusi
dalam proses peningkatan kualitas potensi peserta didik, menyesuaikan dengan
tujuan pendidikan nasional dan perkembangan dunia globalisasi.
o Kurikulum sebagai instrumen
untuk mengarahkan peserta didik untuk menjadi:
-
Manusia
yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman
-
Manusia
terdidik yang beriman
-
Warga
negara yang demokratis dan bertanggungjawab
o Rasional perkembangan zaman
yang meliputi :
- Tantangan Internal
- Tantangan Eksternal
- Penyempurnaan Pola Pikir
- Penguatan Tata Kelola
Kurikulum
- Penguatan Materi
2.
Obyek yang berperan dalam prinsip pengembangan kurikulum : - Daftar mata pelajaran
-
Standar Kompetensi Lulusan.
-
Model kurikulum (yang mengacu pada ranah afektif, kognitif dan
psykomotor, serta ketrampilan intelektual)
-
Kompetensi dasar yang mengacu pada sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang dapat dipelajari dan
dikuasai oleh peserta didik
-
Peserta didik ( perbedaan kemampuan dan minat peserta didik, serta
peserta didik sebagai sentral dan aktif)
- Perkembangan zaman
-
Kebutuhan hidup
- Kepentingan nasional dan
daerah
-
Penilaian hasil belajar
Latihan/ Kasus /Tugas
1)
Kegiatan ilmiah apa saja yang dilakukan dalam menerapkan pendekatan
Saintifik pada Pembelajaran Tematik Terpadu
2)
Jelaskan
tentang belajar dan pembelajaran bermakna !
Kunci Jawaban
Pembelajaran 2
1)
Kegiatan ilmiah yang dilakukan dalam menerapkan pendekatan Saintifik
pada Pembelajaran Tematik Terpadu meliputi kegiatan: mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi /mencoba, mengasosiasi /menalar /mengolah informasi,
serta menyajikan / mengkomunikasikan.
2)
Belajar pada hakekatnya merupakan proses perubahan di dalam
kepribadian yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, dan kepandaian. Perubahan
ini bersifat menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari
latihan atau pengalaman. Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses
interaksi antar anak dengan anak, anak dengan sumber belajar dan anak dengan
pendidik. Kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermakna bagi anak jika
dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi anak.
Proses belajar bersifat individual dan kontekstual, artinya proses belajar
terjadi dalam diri individu sesuai dengan perkembangannya dan lingkungannya.
Belajar bermakna
(meaningfull learning) merupakan
suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang
terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Kebermaknaan belajar sebagai hasil
dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek,
konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang
relevan di dalam struktur kognitif peserta didik. Proses belajar tidak sekadar
menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan
menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep
yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan
demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha
mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki peserta didik dan
membantu memadukannya secara harmonis konsep-konsep tersebut dengan pengetahuan
baru yang akan diajarkan.Dengan kata lain, belajar akan lebih bermakna jika
anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak
indera daripada hanya mendengarkan orang/guru menjelaskan.
Evaluasi
1.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
A.
melaksanakan proses belajar mengajar
B. melaksanakan supervisi atau
pengawasan
C. memberikan bantuan bagi
terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
D. membimbing anak belajar di
rumah
2.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan
perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang
dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
.
A. konservatif
B. kreatif
C. kritis
D. evaluatif
3.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi
kurikulum harus ...
A. sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
B. sesuai dengan minat siswa
C. memiliki tingkat kebermaknaan yang
tinggi
D. bermanfaat bagi kehidupan
4.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi
pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
A.
disusun secara logis dan sistematis
B. sesuai dengan persepsi orang
tua dan masyarakat tentang kebutuhan
C. bervariasi sesuai kegiatan
pembelajaran
D. sesuai dengan perbedaan
individual siswa
5.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru
dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
A. mengembangkan dan memelihara
suasana belajar yang kondusif
B. memberikan arah dan membimbing siswa
untuk menguasai kompetensi
C. menggunakan berbagai media pembelajaran yang
inovatif
D. memberi kebebasan yang
bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
memandang unsur-unsur secara serentak,
(2) Mulai berpikir secara operasional,
(3) Mempergunakan cara berpikir operasional untuk mengklasifikasikan benda-benda,
(4) Membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana, dan mempergunakan
hubungan sebab akibat, dan
(5) Memahami konsep substansi, volume zat cair, panjang, lebar, luas, dan berat.
Siswa memerlukan kondisi kongkrit dari apa yang dipelajarinya
sehingga dapat memberikan pemahaman yang baik tentang obyek yang dipelajari.
Sehingga guru perlu mengusahakan media yang relevan untuk pembelajaran misalnya
mengajak ke luar untuk menemui bahan belajar. atau gambar gambar dan contoh
contoh interaktif yang bisa dimanfaatkan.
Integratif
Pada tahap usia sekolah dasar anak memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif yakni dari hal umum ke bagian demi bagian.
Pada tahap usia sekolah dasar anak memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan, mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu, hal ini melukiskan cara berpikir anak yang deduktif yakni dari hal umum ke bagian demi bagian.
Hierarkis
Pada tahapan usia sekolah dasar,
cara anak belajar berkembang secara bertahap mulai dari hal-hal yang sederhana
ke hal-hal yang lebih kompleks. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu
diperhatikan mengenai urutan logis, keterkaitan antar materi, dan cakupan
keluasan serta kedalaman materi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar